Animoesub - Mengenal Tentang Band Supercell Asal Jepang


Supercell adalah anggota Jepang 11-grup musik yang dipimpin oleh komposer dan penulis lirik Ryo yang dibentuk pada tahun 2007 sebagai musik dōjin kelompok. Supercell mulai dengan memanfaatkan Hatsune Miku synthesizer bernyanyi untuk menghasilkan vokal untuk lagu diserahkan kepada Nico Nico Douga berbagi video website. Popularitas lagu-lagu memimpin kelompok untuk merilis album self-titled independen Supercell di Comic Market 74 pada bulan Agustus 2008. Supercell membuat debut besar mereka dengan Sony Music Entertainment
Jepang dengan rilis album Supercell profesional mereka pada bulan Maret 2009, yang telah diperbaharui dengan lagu dan sebuah DVD. Supercell pertama mereka merilis single , " Kimi tidak Monogatari Shiranai ", pada bulan Agustus 2009 dengan vokal oleh Nagi, dirinya vokalis terutama dikenal untuk upload dia Nico Nico Douga dengan nama Gazelle. [1] "tidak Kimi Monogatari Shiranai" adalah yang pertama rilis oleh Supercell tidak menggunakan Hatsune Miku untuk vokal dan digunakan sebagai lagu tema penutup untuk 2009 Bakemonogatari animeseries. Supercell merilis tiga single pada tahun 2010, yang satu pemecahan tunggal dengan kz dōjin sesama musisi dari Livetune.

1. Apa itu supercell?
jawab: supercell adalah sebuah grup musik/circle yang dipimpin oleh ryo, yang merupakan otak utama dari supercell yang bertindak sebagai komposer, pencipta lagu dll, walaupun bisa disebut grup musik, supercell tidak terdiri dari para pemain instrumental dan hanya terdiri dari ryo dan 10 orang ilustrator, antara lain huke, shirow miwa, redjuice dll

2. Siapa itu ryo?
jawab: Seperti yang sudah dijelaskan di pertanyaan pertama, ryo adalah otak utama, orang jenius dibalik supercell, pencipta lagu, komposer, tukang aransemen lagu dll. ryo sangat lah pandai menjaga keanonimitasannya, wujud, wajah, dan bentuknya masih menjadi misteri bagi para fans supercell. ryo memang pernah ditampilkan dalam sebuah acara di NHK tapi itu pun yang terlihat di layar hanya lah tangan, suara, dan ruang kerjanya saja. Muncul spekulasi bahwa pianis dalam PV My Dearest, Kokuhaku, serta ODDS&ENDS adalah ryo sendiri.

3. Siapa vokalis utama supercell?
jawab: supercell tidak memiliki vokalis utama atau vokalis tetap. Awalnya supercell memakai Hatsune Miku untuk vokal dan begitu juga di beberapa lagu sampai saat ini. Kemudian, supercell pernah memakai jasa Yanagi Nagi sebagai guest vocal. Saat ini, yang menjadi guest vocalist adalah koeda [untuk supercell] dan chelly [untuk EGOIST]. Dalam salah satu album rilisan TamStar Records di Comiket 83 [Desember 2012], supercell menyumbang satu lagu dengan Yuzuki Yukari sebagai vokalis.

4. Siapa itu Hatsune Miku?
jawab: Hatsune Miku adalah salah satu character vocal dari Vocaloid, sebuah program/software vocal synthesizer yang dikembangkan oleh Yamaha. Software dari Miku ini sendiri dikembangkan oleh Crypton Future Media. Untuk lebih jelasnya silakan menuju ke thread Vocaloid.

5. Siapa itu nagi?
jawab: nagi atau Yanagi Nagi, lahir tanggal 31 Mei 1987, adalah seorang mantan Niconico Douga Utaite/Singer, dengan nama Gazelle, yang sudah sering terlibat di berbagai album doujin music dan kemudian telah beberapa kali menjadi guest vocalist bagi supercell yakni dalam single Kimi no Shiranai Monogatari, Sayonara Memories, Utakata Hanabi, dan juga dalam album Today is a Beautiful Day. Sejak tahun 2012, sudah mulai masuk major label dengan nama Yanagi Nagi dan sejauh ini sudah merilis empat buah single.

6. Siapa itu koeda?
jawab: koeda merupakan guest vocalist supercell saat ini yang terpilih melalui audisi pada tahun 2011 lalu. Menjadi guest vocalist dalam beberapa single sebagai berikut, My Dearest, Bokura no Ashiato/Kokuhaku, Gin-iro Hikousen, dan yang akan rilis, The Bravery.

7. Siapa itu chelly?
jawab: chelly juga merupakan guest vocalist yang terpilih bersama koeda pada audisi tahun 2011. Namun, chelly diproyeksikan untuk mengisi vokal Yuzuriha Inori, vokalis EGOIST, yang muncul dalam anime Guilty Crown. Bersama EGOIST, chelly terlibat dalam single Departures ~anata ni okuru ai no uta~, The Everlasting Guilty Crown, Namae no Nai Kaibutsu, serta yang akan rilis, All Alone with You. Selain itu, juga terlibat dalam album Extra Terrestrial Biological Entities.

8. Apa itu EGOIST?
jawab: Pada awalnya EGOIST adalah nama sebuah band underground dalam anime Guilty Crown dengan vokalis chelly. Dua single dirilis untuk anime Guilty Crown yakni, Departures ~anata ni okuru ai no uta~, The Everlasting Guilty Crown. Namun, kemudian EGOIST muncul mengisi lagu ending untuk anime Psycho-Pass dengan lagu Namae no Nai Kaibutsu dan All Alone with You. EGOIST juga sudah mempunyai satu album berjudul Extra Terrestrial Biological Entities. Bisa dibilang, EGOIST adalah side project dari ryo.

9. Yang di PV Sayonara Memories itu supercell dan nagi beneran bukan?
jawab: Bukan. Yang di PV Sayonara Memories itu semuanya cuman diperagakan oleh model dan cewek yang jadi vokalis itu juga cuman model [lupa namanya].

10. supercell pernah tampil perform secara live gak sih?
jawab: Pernah, pas di acara MikuFES '09 dengan Hatsune Miku sebagai vokal [namanya juga MikuFES]. Tapi meski waktu itu memakai atas nama supercell sepertinya itu juga bukan personil asli supercell dan hanya add player. Memang waktu itu tiap jeda lagu ada suaranya ryo yang menyapa penonton tapi itu pun hanya suaranya ryo saja sedangkan wujudnya ryo tidak tampak sama sekali [ngomong dari back stage kali].

14. Apakah ryo pernah berkarya selain dengan supercell?
jawab: Pernah. Selain membuat lagu untuk supercell dan EGOIST, ryo juga pernah berkontribusi menciptakan lagu untuk penyanyi lainnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
- rapbeat x clear x ryo - Ashita e [dalam album TamStar Records Collection Vol. 0]
- KOTOKO - Light My Fire
- ClariS - Naisho no Hanashi
- Tia - Love Me, Gimme

0 komentar

Posting Komentar